Rabu, 13 April 2011

Tulisan Perekonomian Indonesia


Nama : Regina Listya Kartikasari
Kelas : 1EB18
NPM : 25210709
Tulisan perekonomian Indonesia

Pengangguran yang Menghambat Perekonomian Indonesia


Pengangguran atau tuna karya adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari selama seminggu, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang ada yang mampu menyerapnya . Di Indonesia di perkirakan jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 9,43 juta orang . Minimnya kesempatan kerja di negara kita dan kurangnya lapangan pekerjaan merupakan factor pertama terjadinya pengangguran . Melihat kondisi alam yang subur , melimpahnya kekayaan alam dan luasnya Negara kita terlebih di kelilingi oleh lautan dan samudera rasanya sangat sangsi jika Negara kita masih banyak yang pengangguran .
                Banyak sekali yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan kesempatan kerja . Bisa kita membuat lapangan kerja sendiri atau kita memanfaatkan lapangan kerja yang sudah tersedia . Kebanyakan masyarakat sekarang mereka hanya menghayal dan bermimpi tapi tidak mau usaha untuk mendapatkannya . Karakter penyakit masyarakat Indonesia saat ini yang paling tidak bisa disembuhkan adalah “malas” . Tidak ada sejarahnya orang malas bisa menjadi sukses dan mendapatkan pekerjaan hanya diam dan berharap ada orang yang ingin membantunya mendapatkan pekerjaan . Bukan salah Negara jika masyaraktnya banyak yang miskin dan menggangur tapi memang sikap dan perbuatnnya yang membuat mereka seperti itu . Tetapi tidak kita pungkiri juga salah satu factor penyebab pengangguran yaitu dari pemerintah kita juga . Pemerintah sekarang sudah tidak memikirkan rakyatnya lagi . Memang tidak pantas kita menghakimi pemerintah seperti itu tapi kenyataanlah yang berbicara . Banyak sekali contoh-contoh yang bisa kita ambil . Pemerintah sekarang berdalih bahwa mereka telah banyak melakukan perubahan terutama di sektor tenaga kerja yang tidak trelepas dari kemiskinan dan pengangguran . Jika kita boleh jujur dibandingkan dengan pemerintahan Orde lama masih lebih baik dari berbagai sector apapun ketimbang pemerintahan yang sekarang .
Contoh realnya petani sekarang banyak yang teriak untuk membeli benih padi saja mereka harus mengutang karena harganya yang mahal belum lagi untuk membeli pestisida sewa penggilingan dsb . Jika mereka sudah panen hasil panen habis untuk membayar utang-utang tersebut . Alhasil petani sekarang banyak yang kelilit utang dan akhirnya mereka mencari jalan pintas yaitu dengan menjual tanah sawah mereka dan bisa ditebak mereka tidak punya pekerjaan dan akhirnya menganggur . Begitupun dengan nelayan mereka akan menjual kapalnya jika sudah terlilit utang dan terpojok masalah perut dan hasil akhirnya mereka pun menjadi pengangguran . Harusnya pemerintah lebih memperhatikan masyarakat menegah ke bawah karena yang banyak pengangguran yaitu dari masyarakat menegah ke bawah . Tidak perlu hanya pidato saja ngeluh sana sini tapi buktikan dengan menampung mereka dan bagi mereka mana yang tenaga kerja terampil dan mana yang bukan .
                Didesa saja pengangguran sudah terjadi apalagi di kota-kota besar yang banyak persaingannya .
Faktor ke-2 timbulnya pengangguran karena di Indonesia pendidikan sangat rendah . Rata-rata masayarakat menegah ke bawah yang memang mayoritas di Indonesia hanya bisa sampai ke jenjang Sekolah Dasar saja bahkan masih terdapat masyarakat yang buta baca dan tulis . Ini sangat memalukan bagi bangsa kita . Kita merdeka sudah 65 tahun tapi kita sangat tertinggal dengan Negara-negara lain yang baru merdeka . Seakan masyarakat Indonesia masih tertidur dan masih di nina bobokan oleh penjajah . Bagaimana perekonomian kita bisa berkembang kalau masyarakatnya saja untuk makan susah belum tentu mereka memikirkan untuk memberi dan menghasilkan sesuatu untuk Negara kita . Permasalahan pengangguran berdasarkan pengamatan strength,weakness,opportunity and threat (SWOT) yaitu :

1 . Sterngth (kekuatan)
·         Indonesia kaya akan sumber daya alamnya banyak yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan pekerjaan .
·         Dengan jumlah masyarakat yang tinggi ini bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan
·         Beragamnya budaya yang ada di Indonesia bisa menjadi peluang yang menguntungkan
·         Teknologi kita sebenarnya tidak kalah saing dengan Negara lain
·         Pertanian dan sumber laut yang melimpah

2 . Weakness (kelemahan)
·         Kurangnya lapangan pekerjaan
·         Lemahnya pendidikan di Indonesia
·         Kurangnya perhatian pemerintah
·         Banyaknya barang import yang masuk
·         Anggapan yang tumbuh di masyarakat bahwa barang import lebih bagus daripada barang hasil bangsa kita

3 . Opportunity(peluang)
·         Indonesia bisa berkiprah di dunia teknologi tinggal di kembangkan
·         Hasil beras di Indonesia mutunya nomor 1
·         Hasil laut di Indonesia berlimpah ini bisa di jadikan sasaran tenaga kerja
·         Pemenang olimpiade rata-rata berasal dari Negara kita ini bisa menjadi acuan dan modal kita
·         Kebudayaan daerah dapat mendambah devisa Negara dan yang terpenting dapat menambah sarana lapangan pejkerjaan
·         Mudah menyerah dalam menghadapi masalah

4 . Threats (tantangan)
·         Pemerintah harus ikut ambil alih masalah pengangguran jika ingin bangsa kita maju
·         Menerima dan membeli hasil kerja anak bangsa
·         Mengurangi dan membatasi kebijakan impor
·         Melestarikan budaya bangsa
·         Mengurangi sikap malas yang sudah menjadi watak bangsa Indonesia                     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar